Kamis, 25 Juni 2009

THAHARAH

MANDI yaitu;mengalirkan air secara merata keseluruh badan dan rambut dengan niat.
MANDI FARDLU/WAJIB yaitu; mandi untuk meghilangkan hadats besar.
SEBAB WAJIBNYA yaitu;1.pertemuan antara 2 sex kelamin laki-laki dan perempuan.2.keluarnya air mani.3.orang mati.4.haid.5.nifas.6.bersalin.
RUKUN MANDI yaitu; 1.niat menghilangkan hadats besar (junub,haid dsb.).2.meratakan air keseluruh kulit badan dan rambut.3.menghilangkan najis dari badan.
SUNNAT MANDI yaitu;1.mengucapkan Basmalah di awalnya.2.berwudlu sebelumnya.3.menggosok seluruh badan.4.mendahulukan bagian kanan dari yang kiri.5.berturut-turut.
MANDI SUNNAT antara lain;1.mandi sebelum ke sholat jum'at.2.mandi pada kedua hari raya.3.mandi sebelum ihram haji atau umrah.4.mandi setelah memandikan mayat.5.mandi orang yang telah sadar/sembuh dari penyakit gila.6.mandi seseorang yang baru masuk Islam.7.mandi ketika memasuki tanah suci Mekkah.8.mandi ketika wukuf di Arafah.9.mandi sebelum jumroh.10.mandi sebelum menghadiri tempat-tempat pertemuan.11.mandi setelah perbekam.12.mandi sebelum i'tikaf.13.mandi ketika masuk masjid rasul di Madinah.
HIKMAH THAHARAH yaitu;1.perintah mensucikan anggota badan yang zahir dari hadats besar dan kecil adalah mengingatkan orang Islam untuk selalu mensucikan batinnya dari sifat-sifat yang tercela.2.kewajiban mensucikan anggota badan adalah mengingatkan orang Islam untuk selalu bersyukur kepada nikmat Allah dari yang sekecil-kecilnya hingga yang sebesar-besarnya.3.mensucikan anggota badan adalah untuk menghapus dosa-dosa yang dilakukan oleh anggota badan tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar